Selasa, 13 Juli 2010

nasehat dan quote yang mengubah hidupku : Rikko

nasehat yang pertama, terinspirasi dari Rikko Filiano

"selama peluit inning terakhir belum dibunyikan, berarti pertandingannya belum usai"

nasehat itu dilontarkan oleh temanku Rikko (yang katanya disadur dari serial anime) ketika aku merasa panik dan berada di ambang keputusasaan dalam rangka mencari cara untuk mempertahankan status "mahasiswa".. walaupun toh akhirnya status itu terlepas, tapi saat itu kata-kata Rikko benar-benar menginspirasiku.. dan membuatku sadar, "aku tidak mau (mengaku) kalah sebelum aku benar-benar kalah"..

implikasinya cukup luas, dan aku cukup bangga dengan itu, walaupun kadang-kadang aplikasinya dalam permasalahan sepele.. misalnya waktu main DoTA, ketika tim kami sudah di ambang kekalahan dan seorang temanku berkata "wah ini mah sudah pasti kalah.. diemin aja deh, biar cepat selesai...".
memang sih logikanya kalau cepat selesai, cepat memulai game baru lagi..irit waktu dan irit duit juga.. tapi gara-gara Rikko, waktu mendengar pernyataan temanku itu, gengsiku langsung tersentil dan semangatku untuk bertahan malah berkobar...haha.. walaupun tetap kalah, tapi game yang umumnya diselesaikan dalam 1 jam, molor sampai 2 jam, dan aku merasa PUAS!! karena aku tidak memberikan kekalahanku dengan cuma-cuma.....haha.

intinya, seburuk apapun kondisinya, jangan menyerah sebelum masalahnya selesai, atau sebelum kamu mengeluarkan semua yang kamu punya!!

TAPI!!!

hehe belum selesai... pernyataan "jangan menyerah" memang baik.. tapi tidak berhenti sampai disitu saja..
Baru-baru ini aku membaca sebuah buku, dan ada pernyataan yang menarik di dalamnya :
"If you keep doing what are you doing right now, you will get the same result that you are getting right now" - Philip Hayes & Jenny Rogers

banyak teman-temanku yang terjebak dengan kata-kata "jangan menyerah" atau "kalau usahamu tidak berhasil, coba dan coba lagi"...
memang prinsip itu baik dan mengandung arti "gigih", "ulet", tapi masih ada kekurangannya. kalau kita melakukan sesuatu yang sudah jelas tidak berhasil, walaupun kita berusaha melakukannya lagi, hasilnya akan tetap sama..
kuncinya adalah, coba lagi dengan metode yang berbeda... jadi selain menjadi gigih, kita juga harus menjadi kreatif atau pandai (dengan tidak mengulang cara yang sama)

contohnya adalah Thomas Alva Edison, dia mengulangi percobaan membuat bola lampu sampai seribu kali, TAPI dia tidak memakai cara yang sama 2 kali..

contoh lain, ada seorang teman (pria) yang melakukan pdkt, dan setelah beberapa lama dia menyatakan perasaannya, dan dia ditolak...
Dia bercerita bahwa dia tidak akan menyerah dan akan mencoba terus sampai berhasil.
aku akui semangat pantang menyerahnya luar biasa, dia melanjutkan usahanya sampai bertahun-tahun kemudian.. tapi akhirnya cintanya tetap harus kandas tak berbalas...
yang membuatnya gagal bukan karena sang wanita berhati sedingin es, atau dia seorang lesbian.. tapi karena temanku mengulang-ulang metode yang sama sejak awal dia memulai pdkt, sehingga sang wanita menjadi bosan dan kehilangan minatnya..


yup that's all.. semoga nasehat dari temanku (dan beberapa tambahan dariku =] ) bisa berguna..

cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar